Cara Membuat Peuyeum (Tape) Singkong Bandung

Cara Membuat Peuyeum (Tape) Singkong Bandung – Kalau bepergian menggunakan angkutan umum seperti bus misalnya, pasti di waktu tertentu bus akan berhenti di tempat pemberhentian yang sudah disediakan untuk sekedar istirahat sejenak atau juga menjemput calon penumpang baru. Tempat-tempat pemberhentian bus terutama di daerah Jawa Barat biasanya selalu diramaikan dengan banyaknya warung atau stand yang menyediakan berbagai pernak-pernik, pakaian dan makanan oleh-oleh. Diantara makanan oleh-oleh tersebut umumnya sering ditemukan peuyeum.

Peuyeum adalah makanan dari olahan singkong. Makanan ini juga dikenal dengan sebutan peuyeum Bandung karena memang menjadi salah satu makanan dan jajanan oleh-oleh khas Bandung. Namun pernahkan anda melihat proses pembuatan peuyeum atau mencobanya sendiri di rumah? Nah, kali ini kami akan berbagi tips cara membuat peuyeum singkong khas Bandung. Bagi anda yang penasaran sekali ingin mencoba membuatnya, simak beberapa langkah pembuatannya berikut ini.

Cara Membuat Peuyeum (Tape) Singkong Bandung

Lihat Juga : Resep Kue Balok Cemilan dan Jajanan Bandung

Resep Peuyeum (Tape) Singkong Asli Bandung

Peralatan

  • Kain lap
  • Baskom/Ember
  • Penyaring
  • Panci kukus
  • Garpu
  • Sendok
  • Pisau
  • Piring

Bahan-bahan

  • Singkong (singkong kuning lebih bagus) secukupnya
  • Ragi secukupnya
  • Daun pisang (lumuri dengan ragi) secukupnya, untuk membungkus singkong
  • Air bersih secukupnya, untuk menanak

Langkah-langkah Membuat Peuyeum (Tape) Singkong Khas Bandung

  1. Singkong yang sudah disiapkan dikupas kulitnya lalu dipotong-potong dengan ukuran sesuai keinginan (umumnya dibiarkan panjang). Setelah itu, kerik dengan pisau hingga bersih dan cuci bersih. Tiriskan.
  2. Tuang air bersih ke dalam panci kukus dan rebus sampai matang.
  3. Singkong yang sudah dibersihkan kemudian dimasukkan ke dalam air yang sedang mendidih dalam panci. Tunggu sampai semua singkong matang. Jangan lupa sesekali periksa dengan bantuan garpu.
  4. Sementara menunggu singkong yang direbus matang, tumbuk ragi sampai halus lalu tuangkan ke atas piring.
  5. Angkat singkong rebus yang sudah matang lalu tiriskan.
  6. Letakkan singkong rebus dalam baskom/ember dan dinginkan dengan dikipas. Jangan mencampurkan singkong rebus dengan ragi bila keadaannya masih panas. Tunggu sampai benar-benar dingin.
  7. Jika singkong rebus sudah dingin, baru kemudian dilumuri dengan ragi yang sudah dihaluskan tadi secara merata.
  8. Siapkan wadah peragian singkong dan alasi dengan daun pisang yang sudah ditaburi ragi, lalu letakkan setiap singkong yang sudah dilumuri dengan ragi halus tadi pada wadah tersebut. Tumpuk rapi hingga udaranya terasa hangat.
  9. Lapisi bagian atas tumupukan singkong dengan daun pisang yang sudah taburi ragi lalu tutup dengan tutup wadah tersebut.
  10. Tunggu sekitar 3 hari lamanya sampai singkong menjadi lembek dan berasa manis.
  11. Peuyeum bandung buatan anda sudah jadi dan siap dinikmati.

Saat proses peragian berlangsung sebaiknya tidak membuka tutup wadah karena hasil peuyeumnya nanti tidak akan maksimal atau bahkan gagal. Semoga langkah pembuatan peuyeum Bandung di atas dapat membantu dan silahkan dicoba!

Hasil Pencarian:

cara membuat peuyeum bandung,cara membuat peuyeum kering,Cara membuat peuyeum,cara membuat peyem,cara membuat peyem bandung,cara membuat tape bandung,cara membuat peuyeum singkong,cara membuat tape singkong kering,peuyeum,cara membuat peyeum,
loading...
Cara Membuat Peuyeum (Tape) Singkong Bandung | Fatimah Zahra | 4.5