Cara Membuat Desain Kemasan Makanan yang Menarik Pembeli

Cara Membuat Desain Kemasan Makanan Unik dan Menarik – Kemasan makanan menjadi bagian yang tak kalah penting ketika akan diluncurkan di pasaran sebab desain kemasan makanan yang terlihat unik dan menarik akan mengundang ketertarikan para calon pembeli atau konsumennya. Makanan dengan kualitas baik sekalipun apabila tidak dikemas secara cantik maka akan memiliki nilai minus sebab rangsangan ketertarikan pembeli terhadap makanan tersebut akan kurang dilirik dan tidak menjadi pusat perhatian konsumen. Dengan kemasan makanan yang memiliki karakter ikonik tentunya akan membuat pelanggan menjadi teringat akan produk makanan yang dijual dalam kemasan tersebut.

Kemasan makanan memiliki peran penting dalam urusan pemasaran dan pendistribusiannya sehingga manfaat dari kemasan makanan yang menarik tidak sekedar menjadi pembungkus dan pelindung makan. Lebih dari itu, kemasan makanan ini akan menghadirkan kenyamanan bagi setiap konsumen serta memberikan nilai efisiensi bagi setiap makanan yang dikemas.

Cara Membuat Desain Kemasan Makanan yang Menarik Pembeli

Kaitannya dengan desain makanan yang dapat mendorong daya tarik konsumen dan pembeli, di artikel ini mangcook.com akan mencoba berbagi tips sederhana dalam pembuatan kemasan makanan yang menarik sehingga produk makanan yang dijual dapat berdampak pada penjualan makanan secara signifikan.

Cara Membuat Desain Kemasan Makanan yang Menarik

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam merancang kemasan untuk makanan sehingga terkesan unik dan menarik serta memiliki daya pikat yang baik terhadap konsumen, diantaranya adalah:

  1. Praktis dan Berkesan

Maksud dari poin ini adalah penggunaan kemasan dengan rancangan pembungkus makanan yang dibuat secara kreatif dan inovatif namun tetap memperhatikan nilai keparktisan agar dapat memberikan kemudahan bagi konsumen ketika mengkonsumsinya.

  1. Memiliki Karakter Khas

Dalam membuat kemasan makanan, pemilihan warna menjadi bagian penting yang tidak bisa dianggap sepele. Apabila hanya sekedar menggunakan warna asal-asalan dalam kemasannya maka kemasan yang dibuat tidak akan memberikan efek ketertarikan pada calon pembelinya. Untuk itu, desain kemasan makanan sebaiknya dirancang dengan terapan warna cerah, mengkilat dan menarik agar terlihat menonjol dan terkesan mewah saat dilihat oleh konsumen. Selain itu pemilihan warna ini secara tidak langsung juga akan memberikan pesan bahwa makanan dalam kemasan tersebut memiliki kualitas baik dan bermutu tinggi.

Rancangan kemasan makanan sebaiknya juga dibuat paten agar memiliki karakter tersendiri sehingga konsumen secara spontan bisa langsung mengetahui bahwa kemasan tersebut berisikan produk makanan tertentu. Dengan begitu makanan yang dibungkus dalam kemasan yang menggunakan desain yang memiliki ciri khas ini akan menjadi produk yang ikonik dan mudah diingat oleh konsumen.

  1. Terdapat Sisipan Informasi Singkat

Kemasan yang dibuat untuk membungkus suatu produk makanan harus disisipi dengan tulisan yang bersifat informatif atau dengan kata lain kemasan ini harus disisipi dengan informasi yang singkat dan jelas seperti adanya informasi tentang komposisi makanan, saran penyajian, informasi nilai gizi, masa kadaluarsa, layanan konsumen, legalitas produk dan lembaga atau dinas terkait dan lain-lain.

  1. Sesuaikan Ukuran

Poin lain yang juga harus diperhatikan dalam pembuatan kemasan untuk makanan adalah penyesuaian ukurannya agar tidak terlalu besar atau kecil sehingga konsumen akan merasa nyaman saat membawanya dan juga makanan dalam kemasan tidak mudah hancur.

  1. Kemasan Khusus

Agar makanan yang dijual bisa mendapatkan grafik penjualan yang signifikan, jeli dalam memanfaatkan momentum menjadi kunci keberhasilannya. Jika kemasan makanan yang dibuat sudah terlihat unik dan menarik, tidak ada salahnya pada momentum tertentu seperti hari raya lebaran dibuatkan juga kemasan makan dengan desain spesial pack dengan pemilihan warna yang disesuaikan dengan tema hari raya serta ditambahi dengan label promo atau diskon menarik.

  1. Patok Kuantitas Kemasan

Budget dalam pembuatan kemasan makanan yang terkesan mewah tentu tidaklah sedikit. Apabila tidak disesuaikan maka akan berimbas pada harga produk makanan yang ikut naik. Oleh karenanya, mempertimbahkan biaya pengeluaran untuk pembuatan kemasan makanan yang disesuaikan dengan target konsumen akan menjadi langkah yang lebih bijak sehingga produk makanan tetap memiliki daya saing bagi kompetitor dan ramah di kantong konsumen.

Loading...
Cara Membuat Desain Kemasan Makanan yang Menarik Pembeli | Fatimah Zahra | 4.5