Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi Paling Ampuh

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi Paling AmpuhBayi secara alami mengandung gas, tetapi Anda dapat mengambil tindakan pencegahan untuk membuat si kecil merasa nyaman sehingga perlu sekali kiranya seorang ibu mengetahui cara mengatasi perut kembung pada bayi apabila si buah hati kedapati perut kembung dan membuatnya menjadi rewel.

Ibu muda mungkin sering terkejut dengan suara-suara besar yang keluar dari bayi kecil. Bayi yang baru lahir bisa menjadi orkestra yang dapat didengar, dan gas seringkali menjadi bagian dari repertoar.

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi Paling Ampuh

Anda pasti tahu bahwa sekarang semua orang memproduksi dan mengeluarkan gas. Saat makanan bergerak melalui saluran GI, usus kecil menyerap bahan-bahan yang bisa digunakan, dan bakteri dalam jumlah besar memecah sisa makanan, melepaskan hidrogen dan karbon dioksida dan gelembung gas dalam proses tersebut. Bersendawa memungkinkan gas keluar dari perut, di mana ia dikeluarkan terutama melalui buang air besar atau kentut.

Tetapi ketika gas tidak mengalir dengan mudah, gas itu terkumpul di saluran pencernaan dan menyebabkan kembung dan tidak nyaman. Bayi sangat rentan terhadap hal ini. Bayi yang diberi susu botol adalah yang terburuk, tetapi menyusui tidak membuat bayi kebal. Pada akhirnya, bayi yang baru lahir bisa mendapatkan lebih banyak gas daripada orang dewasa.

Frekuensi gas umumnya menjadi perhatian, dan bayi yang rewel mungkin juga normal. Tidak seperti orang dewasa, keluarnya gas (kentut) pada bayi mungkin kurang sopan dan lebih banyak antusiasme.

Jika Anda curiga bahwa bayi Anda yang cerewet benar-benar tidak nyaman, dan dia terus menggeliat dan menarik kakinya, dia mungkin memiliki gas yang tidak mau lewat. Cara terbaik untuk mengkonfirmasi kecurigaan Anda adalah mencoba beberapa teknik penghilang gas. Jika bayi Anda tampak jauh lebih baik setelah mengeluarkan gas, maka itu adalah pertanda bahwa masalahnya adalah gas.

Untuk beberapa anak, bahkan jumlah gas normal dapat menyebabkan ketidaknyamanan yang tidak normal. Itu karena mereka memiliki kepekaan yang meningkat terhadap distensi peregangan usus. Anak-anak dan orang dewasa mengalami sensasi dari serat nyeri usus dengan cara yang berbeda dan memiliki ambang rasa sakit individu.

Jika Anda memiliki bayi yang mengandung gas, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu mengeluarkan gas. Mulailah dengan menempatkan bayi Anda di permukaan yang rata, perut menghadap ke bawah. Mengangkatnya sedikit di atas perutnya, dengan lembut pijat perutnya. Atau letakkan dia di punggungnya dan coba gerakkan kakinya dan pinggullah seolah-olah dia sedang mengendarai sepeda. Seringkali gerakan semacam ini memecah gelembung dan menghasilkan gas yang sedikit memberikan dorongan tambahan yang dibutuhkan untuk mencari jalan keluar sehingga gas akan keluar secara alami. Anda juga dapat mencoba memandikannya dengan air hangat untuk menghilangkan rasa tidak nyaman.

Cara Mencegah dan Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

  1. Bawa Bersendawa

Waktu makan bisa datang dengan banyak menangis, menelan, menenggak, dan menyusu – dengan kata lain, banyak udara, yang akhirnya memanifestasikan dirinya dalam bentuk sendawa atau gas. Cobalah menjadi sedikit ekstra waspada tentang bersendawa bayi Anda selama dan setelah menyusui untuk melihat apakah Anda dapat menyimpan beberapa gas di teluk.

  1. Penggunaan Botol Susu

Bayi yang diberi susu botol dapat menelan banyak gelembung. Untuk mengatasi ini, miringkan botol pada sudut yang mengisi seluruh puting susu agar bayi tidak mengisap udara pada area botol yang tidak terisi susu. Lebih banyak udara yang tertelan berarti berpotensi lebih banyak gas. Jika Anda memberi bayi Anda susu formula, cobalah untuk membiarkan botolnya mengendap terlebih dahulu sebelum diberikan kepada bayi Anda. Ada banyak goncangan yang terjadi dan botolnya sering ditumpuk tinggi dengan gelembung di atas formula sebenarnya. Formula siap pakai dan botol berventilasi khusus juga dapat membantu mengurangi jumlah gelembung dalam botol.

  1. Sesuaikan Posisi Menyusui

Ketika Anda menyusui bayi Anda pastikan kepalanya lebih tinggi dari perutnya. Anda ingin menggendong bayi dalam posisi yang memungkinkan cairan itu perlahan-lahan meresap ke bawah sementara gelembung naik ke atas. Jika Anda menjaga gelembung lebih dekat ke permukaan, cara keluar alami dan termudah adalah sendawa. Gelembung yang terperangkap kemungkinan akan lewat dalam bentuk gas.

  1. Periksa Menu Makanan

Jenis makanan tertentu yang lebih sulit dicerna diketahui menyebabkan kelebihan gas, dan pengenalan makanan padat bisa menjadi pengubah permainan yang pasti di dunia gas bayi. Jadi, jika Anda berhadapan dengan bayi yang sangat cerewet atau selalu mengeluarkan kentut, mungkin ada baiknya memperhatikan menu makanan yang dikonsumsi Anda sebagai ibu. Makanan penyebab gas bisa saja berasal dari dari brokoli, kembang kol, kol, dan kacang-kacangan sehingga kemudian muncul dalam ASI Anda yang berarti akan menjadi asupan gas tambahan bagi bayi saat menyusuinya.

Perut kembung yang dialami oleh bayi tentu akan membuatnya merasa tidak nyaman sehingga akan menjadi rewel dan tidak tenang. Pencegahan terjadinya perut kembung pada bayi adalah langkah bijak yang bisa diterapkan oleh ibu dan jika bayi sudah terlanjur mengalami perut kembung segera atasi dengan beberapa tips sederhana seperti di atas atau konsultasikan dengan dokter anda.

Loading...
Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi Paling Ampuh | Fatimah Zahra | 4.5