Tips Cara Mencerahkan Ketiak Secara Alami dan Aman

Cara Mencerahkan Ketiak yang Bisa Anda Coba – Bagi banyak orang, ketiak gelap bisa menjadi sumber rasa malu. Kulit ketiak yang lebih gelap dapat membuat beberapa orang tidak mengenakan atasan tanpa lengan, mengenakan pakaian renang di depan umum, dan berpartisipasi dalam olahraga. Oleh karenanya, banyak yang mulai mencoba cara mencerahkan ketiak agar bisa mengatasi permasalahan ketiak gelap yang membuat tidak percaya diri tersebut.

Seperti noda kulit dan perubahan warna pada bagian tubuh lainnya, ketiak yang gelap dapat menyebabkan kurangnya kepercayaan diri dan harga diri. Namun sebenarnya apa saja yang dapat menyebabkan terjadinya kulit gelap pada bagian ketiak?

Tips Cara Mencerahkan Ketiak Secara Alami dan Aman

Ada berbagai penyebab potensial untuk ketiak menjadi lebih gelap termasuk deodoran dan antiperspiran (bahan kimia iritasi), bercukur (iritasi dan abrasi), akumulasi sel kulit mati (kurang pengelupasan kulit), gesekan (pakaian ketat), melanosis perokok (hiperpigmentasi yang disebabkan oleh merokok), hiperpigmentasi (peningkatan melanin), acanthosis nigricans (sering merupakan tanda diabetes, obesitas, atau kadar hormon abnormal), eritrasma (infeksi bakteri), melasma (bercak hitam pada kulit), dan penyakit addison (kelenjar adrenal yang rusak).

Bagaimana Cara Mencerahkan Ketiak?

Tanggapan pertama untuk pertanyaan bagaimana meringankan ketiak adalah untuk mengatasi beberapa penyebab dasar seperti :

  • Ubah merek deodoran / antiperspiran Anda. Beberapa orang beralih ke alternatif alami seperti soda kue atau cuka sari apel. Beberapa orang berhenti menggunakan deodoran sama sekali.
  • Berhenti bercukur. Beberapa orang memilih waxing atau laser hair removal sebagai gantinya.
  • Lakukan eksfoliasi. Banyak orang menggunakan body scrub atau exfoliator wajah dua hingga tiga kali seminggu.
  • Kenakan pakaian longgar.
  • Berhenti merokok.

Cara Mencerahkan Ketiak Secara Alami

Banyak orang memilih pendekatan alami untuk meringankan ketiak. Pendukung pengobatan alami menyarankan sejumlah zat pemutih alami, termasuk seperti:

  • Parut kentang, peras jus dari kentang parut, dan oleskan jus ke ketiak Anda. Setelah 10 menit, bilas ketiak Anda dengan air dingin.
  • Potong irisan mentimun tebal dan gosok irisan pada area gelap ketiak Anda. Setelah 10 menit, bilas ketiak Anda dengan air dingin.
  • Potong irisan lemon tebal dan gosok irisan pada ketiak Anda. Setelah 10 menit, bilas ketiak Anda dengan air dingin, keringkan, dan oleskan pelembab.
  • Kulit jeruk. Campurkan 1 sendok makan susu dan 1 sendok makan air mawar dengan kulit jeruk bubuk yang cukup untuk membuat pasta kental. Gosok ketiak Anda dengan lembut dengan pasta dan biarkan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air dingin. Ulangi dua hingga tiga kali per minggu.
  • Dalam mangkuk kecil, campur 2 sendok makan jus lemon segar dengan kunyit secukupnya untuk membuat pasta. Oleskan pasta secara merata ke ketiak Anda. Setelah 30 menit, bersihkan pasta.
  • Minyak telur. Tepat sebelum tidur, pijatkan minyak telur ke ketiak Anda. Pagi berikutnya, cuci ketiak Anda dengan sabun atau pH tubuh yang seimbang.
  • Minyak kelapa. Pijat beberapa tetes minyak kelapa ke ketiak Anda. Setelah 15 menit, cuci ketiak Anda dengan air hangat dan sabun ringan. Ulangi langkah ini dua hingga tiga kali sehari.
  • Minyak pohon teh. Campurkan 5 tetes minyak pohon teh dengan 8 ons air dalam botol semprotan kecil. Semprotkan ini pada ketiak Anda – dan biarkan mengering secara alami – setiap hari setelah pengeringan setelah mandi atau berendam.

Tips Merawat Ketiak Secara Medis

Tergantung pada diagnosis Anda, dokter atau dokter kulit Anda mungkin meresepkan perawatan untuk meringankan ketiak, seperti krim atau lotion topikal yang mengandung hidrokuinon, tretinoin, kortikosteroid, asam azelaic, atau asam kojic, terapi laser untuk menghilangkan pigmen, pengelupasan kimia dengan asam alfa hidroksi dan asam hidroksi beta untuk pengelupasan kulit, dermabrasi atau mikrodermabrasi untuk membersihkan kulit secara menyeluruh.

Jika Anda telah didiagnosis menderita eritrasma, dokter Anda kemungkinan akan meresepkan eritromisin topikal atau klindamisin dan / atau antibiotik oral seperti penisilin.

Jika Anda khawatir kulit ketiak Anda lebih gelap daripada kulit di seluruh tubuh Anda, konsultasikan keadaannya dengan dokter Anda.

Jika ketiak gelap Anda bukan hasil dari kondisi mendasar yang membutuhkan perawatan medis, bicarakan dengan dokter Anda tentang beberapa alternatif untuk mencerahkan ketiak.

Loading...
Tips Cara Mencerahkan Ketiak Secara Alami dan Aman | Fatimah Zahra | 4.5